Selasa, 23 Desember 2014

Makam Hawa

Kota tua Balad di Jeddah, Arab Saudi, menyimpan sejarah peradaban manusia di bumi. Di wilayah ini, tepatnya Distrik 1 Al-Ammereyah, diyakini telah dimakamkan wanita pertama di muka bumi, Siti Hawa. Namun apakah benar Siti Hawa dimakamkan di sini? Wallahu a'lam, hanya Allah yang tahu.

Jangan membayangkan kompleks pemakaman megah. Karena memang tidak ada yang terlihat istimewa di pemakaman tua yang berlokasi di Jalan Mawkib Al Iman itu. Tanpa pemandu, niscaya kompleks makam ini akan terlewati karena jalan yang ramai dan tidak adanya petunjuk arah untuk memudahkan orang-orang yang ingin berziarah ke sini.



Kompleks pemakaman ini hanya ditandai tembok marmer setinggi tiga meter yang mengelilingi area seluas kurang lebih 400 meter persegi. Tembok ini mengelilingi tiga sisi makam. Sementara di sisi Jalan Mawkib Al Iman yang sebagian tertutup tembok pagar, terdapat pintu gerbang yang ditunggui dua penjaga. 




Satu-satunya yang menandai Siti Hawa dimakamkan di sini hanya papan di depan pintu masuk yang bertuliskan huruf Arab "Maqbarah Hawwa". Artinya, makam Siti Hawa. 




Lebih lengkapnya dapat dilihat di sini.

0 komentar:

Posting Komentar